Wisata Benteng Jepang Sabang

Wisata Benteng Jepang Sabang

Assalamualaikum. Wr.wb

Selamat siang untuk semua pembaca setia www.wisatasabang.com bertemu lagi dengan penulis yang selalu memberikan iformasi-informasi menarik tentang wisata aceh.  Artikel kali ini memuat tentang Wisata Benteng Jepang di Sabang.

Tak terpikir oleh ku betapa indahnya panaroma yang di pancarkan pulau kecil yang berbentuk  huruf  W yang terletak di ujung paling barat indonesia,  Pulau  WEH  memiliki sejarah dan  menjadi saksi bisu penjajahan jepang dan belanda di Indonesia. Dari begitu banyak bukti sejarah yang terletak di aceh salah satunya adalah Benteng Jepang yang berada di desa Anoi Hitam kecamatan Suka karya kota Sabang. 


Menurut sejarah Sejak 14 Juli 1942 Sabang menjadi markas Angkatan ke 9 Armada Expeditionary 1 Al Jepang, ini dperkuat juga dengan unit penjaga pantai, Perhubungan, Kapal Patroli Eiko Maruserta Kapal Perusak Murakumo dan Kapal Perusak Yugiri. Dari sini dapat dilihat betapa pentingnya posisi Pulau ini bagi jepang untuk menghadapi Sekutu di kawasan Samudera Hindia. dan selama kurun waktu 1942-1945 Sabang menjadi pangkalan Angkatan laut yang besar, Kekuatan Laut Jepang kerap singgah di Sabang, terutama untuk pengisian BBM, Logistik dan air. Namun pada 1 September 1945 Seluruh Armada Jepang di terik dari Sabang, seiring dengan Operasi "Sunfish" yang di gelar sekutu menyerbu Sabang, dengan kekuatan 25 Kapal Perang nya, Penyerbuan ini dipimpin oleh Laksamana Walker. 


Dalam perjalanan menuju Benteng Jepang ini kita akan selalu di suguhkan pemandangan yang sangat exsotis yang  membuat hati lebih damai dan terasa tidak ingin berpaling dari kemolekan pesona pulau Weh ini. Setibanya di Benteng Jepang kita akan berjalan kaki menuju benteng tersebut  menaiki tangga bukit untuk sampai di puncak bengteng, setibanya di atas benteng kita dapat menikmati deburan ombak yang menghantam batu karang, semilir angin yang akan membuat udara semakin sejuk dan pohon-pohon besar yang menari-nari menyambut kedatangan dan yang memberikan kedamaian, hingga mata kita tertuju kelatan lepas selat malaka yang indahnya sejauh mata memandang dengan birunya laut dengan adanya sedikit bebatuan terjal yang membuat kita semakin bersemangat untuk hunting foto supaya dapat kita perlihatkan kepada generasi kita kelak.


Buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Sabang tetap menjaga dan menghormati budaya yang ada di sabang, ikutlah andil dalam menjaga kelestarian wisata yang ada di sabang,  janganlah membuang sampah sembarang agar  tempat - tempat wisata yang ada disana masih tetap di rasakan generasi kita kelak. 

 


PROMO PAKET