Destinasi Wisata Takengon - Gayo

Destinasi Wisata Takengon - Gayo

Gayo dengan ibu kota Takengon memiliki objek wisata yang sangat menawan. dan tahukah anda kota takengon disebut dengan negri diatas bukit. akan saya jabarkan untuk anda tentang negri diatas bukit ini. Kota takengon ini kota yang terdapat di provinsi Aceh, tepatnya di Aceh Tengah untuk menuju takengon kita disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari bukit dan gunung serta kebon dari penduduk desa setempat. kota takengon terdapat di atas gunung yang paling tinggi yang memiliki Danau Lut Tawar yang membentang luas di dataran tinggi takengon  dan udara disana sangatlah dingin, serta kota takengon terkenal dengan kebun kopi yang sangat luas dan rasa kopinya terkenal hingga mancanegara.

Berikut ini adalah objek-objek wisata terkenal di Takengon.
1. DANAU LUT TAWAR
Danau ini merupakan kebanggan masyarakat Gayo ( sebutan kota takengon ) yang terbentang seluas kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km di dataran tinggi gayo. untuk mengelilingi danau ini kita memerlukan waktu 1 jam serta di sekeliling danau kita disuguhkan pemandangan gunung yang sangat exsotis serta pohon pinus, lahan kopi dan pohon pukat yang terbentang disekeliling danau lut tawar.

2. GUA PUTRI PUKES
Gua ini mempunyai sejarah tentang seorang putri yang dikutuk menjadi batu karena durhaka terhadap ibunya. Putri tersebut bernama PUKES ia tinggal didalam gua di desa Mandale kecamatan kebayakan Aceh Tengah. Konon sejarah putri pukes tersebut memang benar adanya tapi dengan versi cerita yang berbeda, ada yang mengatakan ia dikutuk jadi batu ketika menendang ibunya saat sedang Shalat dan ada pula yang mengatakan ia durhaka terhadap ibunya karena sedang gunda gulana  menunggu suaminya yang tak kunjung pulang dari perperangan hingga membuat ia putus asa dan tak menghiraukan lagi nasehat ibunya.

3.RUMAH EDET PITU RUANG
Rumah ini diesebut dengan rumah adat tujuh ruang  adalah rumah peninggalan raja Baluntara yang sudah berdiri sejak  prakemerdekaan. Rumah adat ini masih berbentuk seperti semula karenah tidak pernah ada pembugaran oleh masyarakat setempat. jika anda berkunjung ke Takengon rumah adat ini patut anda kunjungi agar lebih memahami sejarah Tanoh Gayo.

4.GUA LOYANG KORO
Dalam bahasa Gayo Loyang adalah Gua dan Koro adalah Kerbau, Jadi Loyang Koro adalah Gua Kerbau. Konon Gua ini dijadikan penghubung antara gua loyang koro di desa toweren uken dan gua kaming di desa isaq yang jarak tempunya kira-kira 35 KM. Pada masa itu aktivitas masyarakat toweren uken adalah bersawah dan masyarakat isaq adalah peternak, oleh sebab itu pada musim tanam masyarakat mengembala ternaknya ke desa isaq dan saat pengolahan tanah ternak tersebut dibawa lagi kedesa toweren untuk membantu membajak tanah melalui gua loyang koro.

5.PANTAN TERONG
Tempat ini berada di atas puncak bukit dataran tinggi gayo, dari atas pantang terong anda dapat melihat kota takengon secara keseluruhan mulai dari pemandangan danau lut tawar yang membentang luas di dataran kota takengon dan lapangan pacuan kuda serta bandar udara rambele yang di apit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok nan menawan. 
Anda tertarik dengan keindahan kota di atas awan tersebut, silahkan langsung berkunjung dan menikmati udara sejuk dan pemandangan tanpa batas dari atas gunung Tanoh gayo.



2218 Viewers    |    0 Comments
Tag : Obajek wisata takengon, desitnasi gayo, paket tour gayo, sejarah gayo,

Send Message

PROMO PAKET TOUR / SCUBA DIVING