Kuliner Khas Aceh

Kuliner Khas Aceh

Jika anda melancong ke aceh, maka tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan dan minuman khas aceh. Makanan khas Aceh dibuat dengan cita rasa khusus yang menggugah selera. Beberapa di antaranya sangat terkenal hingga ke seantero nusantara, namun juga banyak makanan lain yang mungkin jarang kita dengan namun sangat patut dicoba. berikut saya paparkan makanan khas aceh yang sangat terkenal.

1. MIE ACEH
Makanan ini bisa disajikan dalam bentuk goreng ataupun rebus, Varian rebusnya menggunakan kuah nikmat yang pedasnya bisa disesuaikan sesuai selera Anda. Berbagai pelengkap membuat mie Aceh ini begitu menggoda seperti daging, sea food, atau kepiting.

2. RUJAK ACEH
Rujak aceh sangat berbeda dengan rujak didaerah lain, karena rujak aceh menyertakan buah rumbia sebagai pelengkap rasa rujak.Makanan ini sangat cocok disantap pada sore hari sambil bercengkrama dengan kelurga maupun sahabt.

3. SATE MATANG
Makanan khas aceh ini berasal dari daerah matang Bireun- Aceh. Sate ini disajikan dengan kuah soto yang menjadi pelengkap rasa.Anda dapat membayangkan betapa unik dan nikmat rasa sate ini.

4. AYAM TANGKAP
Makanan yang satu ini terbuat dari ayam kampung yang di potong kecil2 kemudian di lumuri bumbu khas dan di goreng bersama dedaunan berupa pandan, Daun teumurui, bawang goreng dll.

5. SATE GURITA
Sate ini dapat dijumpai di pulau weh - sabang khususnya di pulau rubiah. sate ini terbuat dari daging gurita yang di bumbui dengan bumbu kacang dan rempa-rempa lainnya. sangat nikmat disantap setelah melakukan aktivitas snorkling.

6. UNGKOT KEUMAMAH
Dari namanya saja sudah menandakan ini adalah makanan khas aceh yang artinya ikan kemamah. ikan ini terbuat dari daging ikan tuna yang rebus, di keringkan dan dipotong kecil-keci.Tuna itu lalu dimasak dengan berbagai  bahan lain seperti kelapa, cabai, kentang dan beberapa macam rempah-rempah. Karenanya, masakan ini punya cita rasa yang unik dan kaya.

7. GULAI KAMBING
Di Aceh, gulai kambing merupakan sebuah hidangan yang terkenal. Yang spesial dari gulai kambing Aceh adalah rasanya yang khas. Hidangan ini dimasak menggunakan bumbu-bumbu dan rempah khas Aceh dalam sebuah panci besar yang selalu dihangatkan di atas kompor sehingga terjamin masih panas ketika disantap. Makanan ini dilengkapi dengan cabe rawit uleg serta jeruk nipis yang semakin membuat rasanya nikmat.

8. KOPI ACEH
ini yang tak boleh ketinggalan, kopi aceh sangat terkenal hingga mancanegara, kopi aceh ini terdapat dua varian yaitu kopi Arabica dan Robusta.kopi aceh ini dapat di jumpat disetiap sudut kemana anda melangka di propinsi aceh.Oleh karena itu aceh mendaptkan julukan KOTA 1000 WARUNG KOPI.

1165 Viewers    |    0 Comments
Tag : kuliner khas aceh

Send Message

PROMO PAKET